Terdampak Pandemi COVID-19, Bagaimana Bisnis Laundry Bertahan?

Usaha Laundry | Rabu, 05 Agustus 2020

details-page-bg
Bisnis Laundry

Jakarta - Pandemi COVID-19 menghantam banyak aspek ekonomi. Sejumlah sektor usaha terdampak pandemi karena terbatasnya aktivitas.

Bisnis laundry termasuk sektor yang paling terdampak oleh pandemi. Di sisi lain, tetap ada peluang di tengah keterbatasan tersebut.

Salah satu bisnis laundry, D-Laundry tetap dapat mengembangkan bisnisnya. Industri laundry juga kena dampak dari COVID-19, dan tidak sedikit pengusaha laundry yang harus gulung karena berkurangnya minat dan daya beli masyarakat untuk menggunakan jasa laundry.

PT Drop Global Tech, perusahaan pengembang layanan laundry online D-Laundry malah melakukan ekspansi bisnis. Salah satu ekspansi itu adalah memindahkan kantor DROP pengembang D-Laundry yang semula berlokasi di Depok, Jawa Barat, ke DKI Jakarta, tepatnya di Tebet, Jakarta Selatan.

D-Laundry merupakan aplikasi laundry on demand yang memadukan kebutuhan masyarakat dengan kebutuhan pemilik usaha laundry agar dapat saling mengakses layanan laundry secara online. Sejak 2016 hingga saat ini, D-Laundry telah bermitra dengan ratusan pengusaha laundry dan ribuan pengguna yang tersebar di Jabodetabek.

"Kami sangat bersyukur bisa melakukan ekspansi, dengan memutuskan untuk pindah lokasi kantor ke Tebet, Jakarta Selatan. Kami yakin dengan lokasi kantor baru ini akan membawa dampak baik untuk perkembangan DROP terutama untuk D-Laundry," ujar CEO Drop Global Tech Ridhwan Basalamah, Sabtu (13/3/2021).

 

Ridhwan menjelaskan, tentunya industri laundry kena dampak juga dari COVID-19, dan tidak sedikit pengusaha laundry yang harus gulung karena berkurangnya minat dan daya beli masyarakat untuk menggunakan jasa laundry.

"Tapi kami sangat bersyukur dan berterima kasih, terutama untuk para Mitra D-Laundry yang tetap berjuang keras dan tetap mempercayai D-Laundry," jelas Ridhwan.

D-Laundry juga mengajak untuk para pengusaha dan pemodal untuk meramaikan pasar industri jasa laundry di Indonesia dengan menghadirkan D-Laundry Store, yaitu platform berbasis website yang menyediakan berbagai perlengkapan dan paket usaha laundry profesional. D-Laundry Store bisa diakses di situs perusahaan sehingga mempermudah pengusaha laundry untuk memenuhi kebutuhan operasional bisnisnya.

D-Laundry Store juga dapat membantu siapa pun yang ingin memulai bisnis binatu atau laundry. D-Laundry menyediakan paket lengkap memulai bisnis laundry mulai dari peralatan, perlengkapan, instalasi, sistem manajemen laundry, hingga training sumber daya manusia.

Dengan berbagai ekspansi yang akan dilakukan, D-Laundry berharap dapat semakin membantu pemilik usaha laundry untuk go-online dan maju bersama-sama meningkatkan standar layanan laundry kepada masyarakat.

(ara/ara)

 

Sumber: https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5492204/terdampak-pandemi-covid-19-bagaimana-bisnis-laundry-bertahan

Artikel Lainnya